Berburu Safi di promo12.12 , tips membeli make up di market place


Beberapa bulan sebelumnya sebenernya aku udah mantengin safi dari review beberapa youtuber. Tapi masih maju mundur cantik mau nyoba, alasannya beragam. Mulai dari males nyoba produk beginian karena memang krim umum yang dijual dipasaran kebanyakan punya efek yang lama tapi memang gak bikin ketergantungan kaya krim dokter.

Selain itu aku juga belum ketemu sama orang yang bener-bener pemakai Safi. YouTuber diluar sana kan scincare nya gila gilaan, bisa aja mungkin efek glowing, snowing, blowing, (wkwkwk) nya itu karena produk lain. Bukan Safi.

Ye kan ?.

Bisa aja tuh produk dikirimin, suruh direview pasti juga kasih respon yang positif dong selama bener-bener gak bikin muka mereka breakout, kayanya penilaiannya juga akan oke oke aja.

Diantara dilema maju mundur cantik itu, dan sambil ngais duit di tanah. Kebetulan banget kemaren ada produk Safi yang juga ikut program promo 11.11 salah satu market place, sebut saja lazada. Hehehe

Tanggal 11 pesan, tanggal 12 barang sudah sampai dirumah. Cepat, dan untungnya packing dan pengirimannya Alhamdulillah aman.Ada sedikit rembes sih, tapi gak berkurang banyak banget. Jadi masih bisa dimaklumi.

Yang bikin tertarik untuk beli adalah harganya yang murahable banget, Dengan harga Rp. 297.000, aku dapat 5 item Safi varian age defy yaitu krim siang, facial wash, esence, toner dan serum goldnya.

Ditambah cash back Rp. 22.500 dari program 11.11 dan dikurangin lagi sama cashback pembayaran pakai dana Rp. 25.000. jadi total bayar aku kurang lebih Rp. 231.000 an aja. Dan menurut aku ini murah banget... Cocok sama aku yang mau cantik tapi modalnya masih ngirit. Jadi kalau cantiknya ngirit ya harap maklum ya.. heheehe

Baca juga :

Padahal kemarin aku sempet survei di drug store yang menjual Safi untuk varian serum goldnya saja bisa dibandrol dengan harga 150 ribuan, belum lagi paket krim siangnya 60 ribuan, facial wash, toner dan essence nya juga terbilang lumayan lah kalau ditotal-total. Makanya sebelum diskon harga aslinya itu Rp. 390.000 ribuan dan setelah diskon ini itu cuma jadi Rp. 230 ribuan aja. Gimana gak tergiur kan ya.

Kadang sih jauh didalam lubuk hati yang paling dalam kalau ada program program begini, selalu deh ngincer barang di flash sale tapi apalah daya  udah mantengin flash sale 20 menit sebelumnya, tapi selalu gagal check out di detik pertama. Daripada kesel sendiri akhirnya nyari nyari barang yang diskonan aja. Hehehe

Biasanya saat beli make up dimarket place tuh aku agak khawatir dan kurang percaya. Pertama soal keaslian barang, kedua soal pengirimannya. Pernah beli bedak padat di toko online dan berakhir menjadi bedak tabur. Karena pengirimannya yang kurang safety.

Tapi yang selalu bikin aku tergiur belanja di online adalah harganya yang bisa lebih murah daripada harga di pasaran atau toko resminya. Nah aku mau sedikit berbagi tips nih cara aman membeli make up atau skincare produk di toko online, supaya barang yang kita pesan sesuai dan tidak kecewa pada akhirnya.

Cari toko online resmi atau toko terpercaya
Sekarang ini dengan kemajuan teknologi, mudah sekali membuat produk tiruan meskipun memang pasti baik dalam segi kemasan dan tekstur produk biasanya memiliki perbedaan. Tapi sebagai orang awam, Apalagi yang baru mencoba satu produk akan sulit membedakan apakah produk yang kita beli itu asli atau tidak.

Untuk mengindari hal itu, sebaiknya kita membeli produk di toko online resmi atau toko online terpercaya. Sekarang ini di beberapa toko online terdapat pilihan online mall store, dimana produk yang dijual terjamin keasliannya. Dengan garansi tertentu. Nah sebaiknya pilih toko online seperti ini.

Bandingkan harga beberapa toko untuk mengetahui harga terbaik
Biasanya meskipun produknya sama, harga di toko online satu dan lainnya punya sedikit perbedaan. Tidak ada salahnya membeli produk dengan harga yang lebih murah, tapi dengan catatan harga tersebut masih rasional. Salah karena terlalu ingin mendapatkan harga murah, malah mendapat barang palsu.

Ada beberapa aplikasi android yang khusus membandingkan harga produk dari beberapa market place. Tidak ada salahnya juga kan mengecek beberapa toko Sebelum membeli.

Lihat review dari pembeli lain
Setelah mendapatkan produk yang diinginkan, sebaiknya baca juga review dari pembeli lainnya. Pastikan juga membaca review pembeli yang menyertakan foto produk. Beberapa catatan pembeli biasanya mengenai waktu pengiriman, kualitas barang, dan review pemakaian.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk pembeli lainnya, karena ada toko dengan produk original tapi pengemasannya kurang baik, jadi produk yang kita beli rusak selama perjalanan akibat sortiran barang di ekspedisi.

Gak mau kan produk kosmetik atau skincare yang kita beli sudah rusak sebelum digunakan.
Teliti sebelum membeli. Kesadaran membaca orang Indonesia memang masih perlu ditingkatkan, banyak orang yang tidak membaca keterangan toko atau produk sebelum membeli.

Aku pernah membaca review salah satu skincare mahal asal Korea yang harganya syelangit itu, dihargai cuma puluhan ribu. Setelah diselidiki ternyata jelas tertulis dalam captionnya kalau itu "sharing jar" dan ada juga tulisan berapa ml di keterangannya. Tapi dijudul gambar cuma tertulis nama produk.

Kalau kita gak rajin rajin lah membaca, dan terburu nafsu dengan harga yang menggiurkan pasti lah kecewa, karena nanti saat barang datang tidak sesuai dengan harapan. Ada loh pembeli yang marah-marah di kolom review karena barang yang datang tidak sama, dan si penjual cuma membalas "tolong baca keterangan sebelum membeli".

Emang gak murah juga, atau mahal banget juga enggak. Tapi mendapatkan barang yang gak sesuai dengan harapan tuh rasanya ... Nyakitinnnn banget kan.

Baca juga :


Jangan pelit menambahkan bublewrap sebelum check out
Yang tidak kalah penting adalah menambahkan bublewrap saat check out. Beberapa toko online memang biasanya sudah menyertakan Buble wrap saat pengemasan, tapi ada juga yang tidak.
Beberapa toko online malah meminta pembelinya untuk menambahkan bublewrap di item yang terpisah guna menimalisir resiko pengiriman. Oleh sebab itu sebaiknya baca keterangan toko atau produk sebelum membeli, tidak ada salahnya menanyakan langsung kepada penjual kalau kamu merasa kurang yakin apakah pengiriman sudah disertakan bublewrap atau belum.




Pilih pengiriman produk dengan kurir yang aman
Pilihan kurir itu paling penting menurutku, karena setiap kurir punya kualitas pengiriman yang berbeda-beda. Pernah gak ngalamin pakai kurir X nyasar ngirim barang, padahal kalau pakai kurir A gak pernah ada masalah.

Pernah ?

Nah itu aku banget !.

Atau sama-sama bagus tapi harga bersaing. Tinggal pilih deh mana yang lebih baik, dari segi harga atau kualitasnya. Aku pernah loh kirim barang murah, di laporannya udah diterima. Tapi gak ada satu orangpun yang Nerima. Itu gara-gara tergiur ongkir murah, jadi barang hilang entah kemana. Untungnya harga barangnya juga murah, jadi Yasudahlah.

Jadi harus benar-benar diperhatikan ya pemilihan kurir ini.
Untuk produk yang memang rentan pecah, kalau tokonya dekat bisa menggunakan gosend, atau grabbike untuk pengiriman. Jadi lebih aman kan.

Salah satu market place yang aku suka tuh Lazada, ini bukan promo ya. Tapi beneran aku suka aja sama sistem pengirimannya. Jadi pengiriman akan dilakukan sendiri oleh kurir lazadanya kalau di area tertentu seperti Jabodetabek. Jadi kurir lazada akan pick up barang dari tempat penjual dan diantar ke tempat pembeli melalui sistem zonasi jadi barang lebih aman saat pengiriman karena meminimalisir sortiran berlebih di kurir umum seperti JNE, JNT, TIKI dll. Yang kadang membuat barang rusak adalah di proses sortir tersebut, karena ada kemungkinan barang dibanting, ditumpuk, dilempar dan lain-lain. Apalagi kalau tidak ada label khusus. Selain itu harga pengiriman di lazada umumnya lebih murah, harga standarnya cuma Rp.6.100 dan reguler sekitar Rp.14.000'an.

Jika jarak toko terlalu jauh, sebaiknya pilih toko yang jaraknya lebih dekat
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jarak toko yang semakin jauh membuat produk harus berhenti di beberapa titik untuk proses penyortiran. Dan semakin panjang proses penyortiran resiko kemanan produk semakin minim, apalagi kalau produk yang dibeli tidak dilengkapi dengan bublewrap.

Sekian tips membeli produk skincare atau makeup ditoko online, kalau kamu punya pengalaman belanja di hari belanja nasional jangan lupa sharing di kolom komentar ya.
Karena komentarmu mungkin bisa jadi masukan untuk orang lain.

Untuk review pemakaian nya, akan segera aku update setelah pemakaian 30 hari ya.
Terimakasih sudah mampir, salam


Post a Comment

0 Comments